Jumat, 13 Juli 2012

REVIEW LENGKAP BLACKBERRY PLAYBOOK

Setelah gempuran tablet Android dan iPad, kini saatnya RIM mengeluarkan tablet agar tetap kompetitif. Maka dirilislah BlackBerry PlayBook. Dengan ukuran layar 7 inchi, serta storage 16, 32 dan 64 GB, mampukah PlayBook menancapkan kukunya di peta persaingan tablet?
Spesifikasi unggulan BlackBerry PlayBook:
  • Ukuran 94 x 130 x 10 mm, berat 425 gram
  • Layar TFT kapasitif beresolusi 1024x600, ukuran 7 inci
  • Prosesor dual-core 1GHz, RAM 1GB
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
  • Kamera belakang 5 MP( 2592x1944 pixels) dengan autofocus
  • Kamera depan 3MP
  • Perekam video 1080p
  • HDMI















Video Desain dan Bodi BlackBerry PlayBook:
Desain dan Bodi BlackBerry PlayBook mempunyai ukuran yang cukup compact dan ringan, dengan berat hanya 425 gram, terhitung cukup ringan biarpun masih kalah ringan dibanding Galaxy Tab 7 inci. Dengan tebal hanya 10mm, memang tablet ini terlihat sangat tipis. Layar selebar 7 inci dikelilingi oleh bezel yang sensitif terhadap sentuhan, mengingat di bagian depan ini sama sekali tidak ada tombol. Kamera serta sensor cahaya di bagian atas sementara logo BlackBerry di bawah layar. Layarnya beresolusi 1024x600 piksel, dengan kejernihan layar yang sangat bagus, dan enak dilihat, apalagi saat memutar file video HD resolusi 1080p, sangat jernih. Stereo loudspeaker menghiasi layar kiri dan kanan, menghasilkan suara stereo yang mengasyikkan. Bagian belakang terbuat dari bahan doff yang tidak licin sedangkan bagian depan adalah bahan glossy. Kamera 5MP dan logo BlackBerry menghiasi bagian belakang. Bagian kiri dan kanan tidak ada apa-apa Di bagian atas tablet ini ada tombol musik seperti pada BlackBerry Gemini, serta jack audio 3.5mm, Sementara itu di bawah ada port Micro USB serta port HDMI. Antar Muka Antar muka BlackBerry PlayBook ini terlihat cukup mirip dengan BlackBerry OS 6 dengan penggunaan ikon-ikon akses pintas aplikasi yang dibagi di halaman-halaman All, Favorite, Media dan Games, serta ditambah BlackBerry Bridge. True Multitasking yang didengang-dengungkan sebagai kelebihan BlackBerry PlayBook ini memang sangat berjalan baik. Saat menonton video full HD, anda dapat membuka aplikasi lain dengan cara melakukan gesture scrolling ke atas dari bezel bagian bawah. Di background video tersebut tetap berputar. Anda bisa membuka aplikasi lain selama tidak berbenturan dengan video audio. Padahal video 1080p saja sudah cukup berat. Jadi multitasking pada BlackBerry PlayBook benar-benar sama dengan multitasking pada PC. Untuk berpindah aplikasi, cukup menyapukan bezel dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Jika anda merasa hal ini memberatkan kinerja PlayBook, di Setting, General ada pilihan Application Behaviour untuk mengatur kerja aplikasi di background. Aplikasi bisa di-pause. Namun secara umum kami menggunakan tablet ini, tidak ada lag ataupun ngehang, sangat lancar, dari perpindahan layar, animasi layar saat di kecilkan atau di maximize. Di Menu Utama, ikon-ikon sebanyak 6 kolom dan 3 baris secara vertical. Ikon-ikon aplikasi ini dapat dipindahkan semau anda. Dari All ke Favorites, Media dan Games.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Antar muka dapat dilihat dalam 4 arah sesuai dengan arah anda memegang tablet. Menu utama juga tampil di Homescreen, tinggal “ditarik” saja. Wallpaper tetap sebagai background menu utama. Di bagian atas muncul notifikasi (bukan bar yang dapat ditarik seperti Android, melainkan ikon kecil). Jika ada notifikasi anda bisa menyentuh ikon tersebut. Untuk melihat Pengaturan, tarik bezel atas ke bawah. Berbagai macam pengaturan seperti konektivitas, layar, HDMI, profil suara , Storage, security, keyboard dan tanggal ada disini.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Input Teks Keyboard type yang ada adalah QWERTY, QWERTZ dan AZERTY. Mengetik cukup cepat, dalam mode memegang ponsel dalam mode portrait, pengetikkan cukup mudah. Sementara untuk landscape mode, ada baiknya tablet ditaruh di permukaan datar dan diketik seperti keyboard betulan. Layar kapasitif tentu tingkat kesensitifitasnya tidak perlu diragukan, apalagi sudah multitouch. Untuk melakukan copy paste cukup mudah, hanya perlu menekan lebih lama dan muncullah pilihan cut, copy, paste dan seleksi kata-kata yang akan di select.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Video Antar Muka dan Input Teks BlackBerry PlayBook: BlackBerry Bridge BlackBerry Bridge adalah aplikasi untuk melakukan koneksi antara ponsel BlackBerry dengan BlackBerry Playbook dengan menggunakan Bluetooth supaya anda bisa mengakses Messages, Contacts, Browser, Calendar, MemoPad, Tasks dan File yang ada di ponsel BlackBerry anda. Jadi secara kasarnya, ponsel BlackBerry anda tidak hanya berfungsi sebagai modem, namun juga sebagai alat bantu dalam memaksimalkan kinerja BlackBerry PlayBook yang tidak dilengkapi dengan jaringan selular. Kami akan membahas Messages, dan Contacts sementara Bridge Browser akan dibahas di bagian web browser.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Messages Fitur pesan ini menghubungkan fitur email ponsel BlackBerry anda di PlayBook. Jika ada email masuk ada notifikasi yang menandakannya. Email ditampilkan dalam format list, dengan preview di sebelah kanan.Anda bisa langsung membalas email yang masuk melalui PlayBook. SMS tidak ditampilkan ataupun diterima oleh PlayBook. Yang paling mengecewakan adanya belum tersedianya layanan BlackBerry Messenger melalui PlayBook. Beberapa minggu lagi baru ada update BBM untuk PlayBook.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Contact Seperti Messages, Contact dari ponsel BlackBerry anda pun muncul semua di PlayBook. Tidak hanya terlihat, anda juga bisa meng-edit kontak yang ada dan menambahkan kontak baru. Seperti halnya ponsel BlackBerry, detil kontak sangat lengkap, mulai dari email, nomor telepon, fax, pin, website, pekerjaan, notes, alamat dan lain-lain. Jika ada telepon masuk maka akan ada peringatan, namun anda tidak bisa menerima telepon dari PlayBook melainkan tetap dari ponsel BlackBerry anda.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Kamera Antar muka kamera depan dan belakang sama persis dan cukup sederhana, memotret dilakukan dengan ikon besar kamera di sebelah kanan. Ikon-ikon lain adalah akses ke perekam video, pindah ke kamera belakang di sebelah kanan sementar di sebelah kiri adalah zooming dan pengaktifan GeoTagging. Untuk pergi ke menu, anda harus menyapu bezel atas ke bawah. Maka muncullah menu-menu seperti akses ke galeri foto, Pengaktifan stabilization, Rasio Gambar (16:9, 4:3), Auto, Sports dan Whiteboard. Tidak ada pilihan resolusi, tapi dari data yang ada, resolusi kamera depan adalah 3MP, sementara belakang adalah 5MP.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Hasil kamera cukup bagus, namun tiadanya autofokus membuat sulit memotret dalam mode makro. Contoh hasil gambar kamera depan dan belakang:
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Perekam Video Seperti halnya kamera antar muka perekam video depan dan belakang sama. Keduanya mampu merekam dalam resolusi 1080p dan 30 frame perdetik, hal yang istimewa untuk kamera depan. Sebenarnya tidak mengherankan mengingat kamera depannya beresolusi 3 megapiksel. Kali ini ada pilihan resolusi, 480p, 720p dan 1080p semua dalam format 16:9. Hasil rekaman video sangat bagus, dengan resolusi 1920x1080, 25 frame perdetik, dan bitrate lebih dari 13000kbps, hasil video sangat bisa diandalkan, namun sangat menguras storage, 30 detik saja akan menghabiskan storage sampai 60MB.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Contoh hasil perekaman video kamera belakang: Galeri Foto Galeri foto terbagi dalam folder-folder dan All Pictures. Foto-foto yang ada tampil dengan cepat, rendering yang diperlukan hanya sekejap saja. Zooming dengan pinch and zoom bisa dilakukan, dan gambar ditampilkan dalam resolusi aslinya. Gambar bisa langsung di-set sebagai wallpaper. Minusnya adalah anda tidak bisa langsung mengirim atau mengunggah gambar dari galeri foto.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Galeri Video Pemutar video dari PlayBook sangat luar biasa dalam memutar file high definition. Gambar yang keluar sangat jernih dan indah. Demikian juga dengan suara, stereo speaker di dua sisi tablet membuat PlayBook seperti sebuah LCD TV berukuran mini. Pengaturan yang ada antara lain Next, Pause, Previous, Timeline, dan Repeat serta volume.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Pemutar Musik Tampilan pemutar musik didominasi warna biru, dengan pembagian-pembagian kategori: All Songs, Artist, Albums, Genres, dan playlist. Tampilan pemutar musik cukup enak dilihat, dengan album art. Anda dapat membuat playlist langsung dari PlayBook. Suara yang keluar dari loudspeaker cukup keras dan jernih, serta berkualitas stereo. Sayangnya tidak ada pengaturan untuk spesial efek maupun pilihan equalizer, cukup disayangkan mengingat kualitas suara loudspeaker yang bagus.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Video Multimedia dan Gaming pada BlackBerry PlayBook: Konektivitas Untuk koneksi data, playBook bergantung pada Wi-Fi dan Bluetooth tethering dari ponsel BlackBerry. Selain itu Tablet ini bisa memakai HDMI, dengan tampilan sama persis antara PlayBook dan TV anda. WiFi adalah tipe 802.11 a/b/g/n, sedangkan Bluetooth adalah versi 2.1. Untuk melakukan koneksi ke komputer anda diharuskan menginstal driver Desktop Manager lebih dulu. Jangan khawatir, setelah menghubungkan PlayBook dengan komputer driver akan langsung terinstal (minimal OS Windows Xp SP3)
BlackBerry PlayBook Review Gallery
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Web Browser (Bridge Browser) Browser pada PlayBook merupakan salah satu keunggulan utama tablet ini. Tab yang bisa dibuka saja sepertinya tidak terbatas, kami membuka 20 tab dan masih terus bisa membuka lagi dan lagi. Kinerja browser cepat, scrolling ke bawah tidak ada “nyangkut”, sangat lancar. Adobe flash sudah didukung, dengan demikian menonton Youtube langsung (bahkan sampai 1080p), bermain game Facebook, semua bisa dilakukan. Bookmarking, select text, mengakses history dapat dilakukan dengan mudah. Pengaturan-pengaturan juga lengkap dan detil, seperti Tampilan apa yang diinginkan saat membuka halaman baru, pilihan search engine, remember open tabs, font size dan encoding. Untuk Content, loading gambar, flash dan java script bisa dinonaktifkan untuk menghemat waktu dan bandwidth. Browser ini bahkan mempunyai fitur Private Browsing. Dengan fitur selengkap ini dan performance yang sangat powerful, tidak salah jika kami menganggap browser BlackBerry PlayBook merupakan salah satu browser terbaik untuk sebuah portable gadget.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Video Penggunaan Browser pada BlackBerry PlayBook: Aplikasi Kami akan membahas beberapa aplikasi dari BlackBerry PlayBook Application World Seperti halnya pada ponsel BlackBerry, PlayBook dilengkapi dengan App World untuk mengunduh berbagai aplikasi. Namun karena tablet ini juga baru rilis, aplikasi yang tersedia masih sedikit.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Kobo Books Aplikasi ini adalah toko buku untuk PlayBook sekaligus pembaca buku. Ada beberapa buku gratis jika anda sudah sign up. Membaca buku cukup menyenangkan, dengan ukuran dan tipe huruf yang bisa diganti. Sayangnya loading untuk tiap halaman cukup mengganggu.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Bing Maps Berbeda dengan ponsel Android dengan Google Mapsnya, PlayBook menawarkan Bing Maps. Selain peta, restoran dan tempat-tempat penting juga dapat dicari dan dilihat petanya.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Need For Street Undercover BlackBerry memasukkan game balapan populer ini ke dalam tabletnya dengan tujuan memaksimalkan kinerja prosesor dual core dan kartu grafik dari PlayBook. Game ini memang berjalan sangat lancar, no lag dan seru sekali, ditambah grafik luar biasa dan suara stereo menambah pengalaman mobile gaming yang mengasyikkan
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Office Untuk dokumen, PlayBook menggunakan Document to Go. Ada Adobe Reader, Word to go, Sheet to go, Slideshow to go. Selain melihat dokumen anda juga dapat mengedit dokumen Akses Pintas Ikon-ikon Gmail, Yahoo Mail, Facebook, Twitter ternyata hanya akses pintas ke browser saja, bukan merupakan aplikasi betulan. Aplikasi Pihak Ketiga Scratch Pad Aplikasi ini digunakan untuk menggambar dengan PlayBook anda dan mewarnainya. Cukup menarik sebagai salah satu cara membuat catatan dan iseng-iseng menggambar.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
iSpeech Translator Menerjemahkan kata-kata yang anda ucapkan.Sayangnya tidak mendukung Bahasa Indonesia. Anda tinggal mengucapkan kata-kata, lalu penerjemah akan “bersuara” dan menampilkan terjemahan di layar.
BlackBerry PlayBook Review Gallery
Daya Tahan Baterai Dengan baterai berkapasitas 5300 mAH, cukup besar, jika dipakai koneksi terus menerus paling tidak bertahan 1 hari, namun dengan pemakaian multimedia berat waktu tersebut akan berkurang. Sweperti biasa charging berjalan lambat pada baterai dengan kapasitas sebesar ini. Kesimpulan Sebagai sebuah tablet untuk multimedia dan berselancar internet, BlackBerry PlayBook sangatlah menjanjikan. Dengan performa yang tinggi, kemampuan browsing yang seperti komputer rumahan, lalu true multitasking, memang dijamin akan memuaskan gamers dan para eksekutif sekaligus. Namun banyak yang masih kurang, seperti belum adanya BlackBerry Messenger (menyusul beberapa minggu yang akan datang), serta aplikasi di App World yang masih sedikit. Kelebihan
  • Layar yang bagus, meskipun bukan AMOLED namun jernih dan enak dilihat.
  • Stereo loudspeaker berkualitas
  • Performa tinggi, nyaris tanpa lag
  • kemampuan browsing PC-like experience
  • Multitasking yang luar biasa
  • Hasil rekaman video yang sangat bagus
Kelemahan
  • Aplikasi masih sedikit
  • Belum mendukung BlackBerry Messenger
  • Dalam beberapa hal mempunyai ketergantungan pada ponsel BlackBerry
  • Kamera tidak berautofokus
Kamera Resolusi : 3.15 megapixel (depan) dan 5MP (Belakang) Keadaan gelap : Terang Flash : Tidak Autofokus : ya Fitur: Pengaktifan Stabilization, Rasio Gambar (16:9, 4:3), Auto, Sports dan Whiteboard. Video Kamera Resolusi : 1080p (1920x1080) Keadaan gelap : Cukup terang Flash : Tidak Frame perdetik : 30 fps Fitur : Pengaktifan stabilization, Resolusi (480p, 720p dan 1080p), Auto, Sports dan Whiteboard. Browser Format : HTML Flash Player : ya Performa : Cepat Dukungan banyak jendela : >20 tab Layar Layar sentuh berukuran 7 inci beresolusi 1024x600 piksel  OS Type apa : BlackBerry Tablet Upgrade OS : OTA Upgrade selanjutnya : Belum diketahui Keyboard Type : Keyboard QWERTY virtual portrait, Keyboard QWERTY landscape Tombol kualitas : sensitif Tombol penekanan : Sensitif Office Aplikasi bawaan : document to go Media & Multimedia Pemutar musik untuk MP3, WMA, AAC, eAAC+, wav Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri dan video player WiFI Versi: WiFi 802.11 a/b/g/n Bluetooth Versi : Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP Baterai Type baterai dan kapasitas : Baterai Li-po 5300 mAh Streaming Audio : Ya, melalui browser dan aplikasi lainnya Video : Ya, melalui browser Aplikasi Market app / Tempat Download :BlackBerry App World Notifikasi SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen Email : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen Facebook : Ya, notifikasi pada home screen dan update status pada widget Facebook Nada dering Format : MP3 MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik MP3 sebagai sms : - MP3 sebagai email : - Games Bawaan : NFS Undercover, Tetris Background Format gambar : JPEG, GIF Ukuran : 1024x600 piksel Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi Live Wallpaper : ya Navigasi Touchscreen : Ya Penggunaan : sensitif Sinkronisasi Ke Komputer Media : Kabel data microUSB, dan Bluetooth Mode : Sebagai Mass Storage Lain-lain Jackaudio : Ada, 3.5mm Radio FM : tidak ada Akeselerometer : Ya Alarm : Ya Keypad tone : Ya Port charging : Ya, microUSB Unlocked dan lock : Tekan tombol power Hot swap : Tidak Speaker : Suara berkualitas stereo Mode pesawat : Airplane mode USB : MicroUSB untuk data dan charging SUMBER :   http://www.teknoup.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar